jam

Wednesday 12 February 2014

penyebab dari kerusakan kulit



Kerusakan kulit
        Usahakan untuk tidak merusak kulit anda, misalnya dengan mengexpose langsung suhu ekstrim dengan menggaruk-garuk kulit yang sedang meradang atau mengutik-ngutik kelainan kulit dan menggunakan obat kulit secara sembarangan.
          Gunakanlah sinar UV dengan sebaik-baiknya, tapi dengan hati-hati. Kulit kita memaang menbutuhkan sinar UV, tapi sebalum berjemur gunakanlah krem pelindung kulit.
          Hawa dingin akan menimbulkan gerakan menggigil, dimana kulit akan tampak seperti kulit ayam yang baru dicabuti bulunya. Dan bila hawa dinginnya luar biasa, dapat menyebabkan pembangkakan di kulit dan gatal sekali.
          Bila terjadi kelainan kulit -apapun bentuknya- jangan diganggu, ataupun dikorek-korek oleh kuku misalnya, karena tindakan ini akan memperburuk keadaan dan akan menimbulkan jaringan parut di kulit. Jaringan parut ini sifatnya menetap seumur hidup.
          Obat-obatan juga dapat merusak kulit. Hati-hatilah jangan menggunakan obat kulit tanpa sepengetahuan dokter. Jangan mencoba-coba menggunakan obat orang lain atau mebarikan salep yang sama kepada anggota keluarga anda yang kebetulan tampak seperti menderita kelainan kulit yang sama seperti anda. Tanyakan dulu ke dokter.  
          Jangan menggunakan obat terus menerus, lebih lama dari yang dinasehatkan oleh dokter pada anda. Jika kelainan kulit tidak jauh berkurang, kunjungi dokter kembali untuk meminta nasihat selanjutnya. Pada beberapa penyakit kulit tertentu, kelainan masih tampak untuk beberapa lama, meskipun sebetulnya penyakinya sudah mulai sembuh. Kalau anda masih memaksa untuk meneruskan menggunakan obat yang tanpa sepengetahuan dokter, ada kemungkinan penyakit akan kambuh lagi. Bahkan bias menjadi lebih buruk dari yang sebelumnya.
          Buanglah obat yang sudah tidak diperlukan lagi, terutama kalau obat yang sudah lewat masa pakainya. Kalau anda membeli obat-obat kulit yang dijual bebas, pilihlah dulu obat yang paling sederhana. Kalau timbul reaksi terhadap obat ini, pergilah ketempat pembuat obat ini kembali, agar ia tahu. Hal ini mungkin sangat membantu, karena menolong mereka untuk memperbaiki produknya pada masa yang akan dating. Tetapi jika reaksi kulit menjadi sangat berat, pergilah ke dokter supaya lebih aman.
          Ada yang perlu diingat, sebaiknya bila ingin membali oba-obat kulit, hendaknya tanyakan pada dokter ahli kulit. Jangan sembarang membeli –obat eksim misalnya- obat-obat dipinggir jalan yang tidak dapat di pertanggung jawabkan. Ingatlah bahwa cacat pada kulit, apalagi wajah, dapat seumur hidup dan sukar dihilangkan.

No comments:

Post a Comment