jam

Wednesday 12 February 2014

cara merawat kulit dari dalam yang paling ampuh



Merawat kulit dari dalam

          Perawatan kulit harus dilakukan baik dari luar maupun dari dalam. Merawat kulit dari luar saja tidak akan bermanfaat jika tidak di sertai perawatan dari dalam. Yang dimaksud perawatan dari dalam ini ialah sejenis diet atau makanan anda sehari-hari. Usahakan untuk menjaga keseimbangan makanan anda sehari-hari. Artinya anda harus makan makanan yang cukup protein,misalnya seperti: daging tak berlemak, ikan ,keju, dan telur. Jangan lupa sayur dan buah-buahan segar. Tentunya tubuh pun memerlukan karbohidrat, seperti: beras, mie, roti, gandum, kentang, dll. Jangan terlalu banyak makan makanan yang bergula yang manis-manis, terutama permen dan coklat.
          Minum sebanyak mungkin air putih untuk membersihkan tubuh anda, karena air putih sangat penting. Diusahakan untuk minum air putih 8 gelas per hari. Ini sangat baik untuk kerja ginjal, karena akan mengurangi kerja ginjal dalam menyaring darah. Dan akan mengurangi resiko penyakit yang berhubungan dengan ginjal. Apalagi untuk orang yang kerjanya sambil duduk, itu sangat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih.
          Kalau diet anda cukup baik, anda tidak perlu memakan vitamin ekstra. Gangguan kulit akibat kekurangan vitamin masih banyak ditemui di Negara berkembang. Misalnya pada anak yang kekurangan vitamin A, kulitnya tampak terlihat kotor, kering dan bersisik. Wanita hamil yang kekurangan zaat besi dan zat kapur akan rapuh kukunya. Orang yang kekurangan vitamin C akan menderita skorbut.
          Hal terpenting yang patut anda ketahui adalah makanan sehari-hari tidak memegang penting dalam kelainan kulit, kecuali dalam keadaan tertentu saja. Asalkan anda makan cukup bervariasi dari hari-kehari, jadi anda tidak terlalu berpantang pada satu jenis makanan tertentu, kecuali anda yakin betul makanan inilah yang mengakibatkan gangguan kulit.
          Latihan fisik juga diperlukan untuk kesehatan kulit anda. Bukan berarti anda harus melakukan latihan fisik yang berat, tetapi cukup asal oto-otot tubuh terlatih efisien, di sisi lain juga merangsang sirkulasi darah. Berjalan kaki menempuh perjalanan yang dekat, berenang, lompat tali, dan naik sepeda sangat baik untuk kesehatan tubuh anda.
          Jangan berdiri diam untuk jangka waktu yang lama. Ini basi menimbulkan gangguan sirkulasi darah dan menimbulkan pembesaran pembuluh balik yang nyeri dan tidak tampak pada kemudian hari. Keadaan ini disebut dengan varises. Kalau kaki terasa pegal pada malam hari, cobalah untuk mengangkatnya lebih tinggi dari jantung, agar sirkulasi darah menjadi lebih baik. Selain itu perlu diperiksa, apakah anda terlalu gemuk, sehingga kaki menerima beban terlalu berlebihan. Pijatlah kaki kearah jantung, dan rendamlah dalam air yang hangat.
          Berdiri tegak dan tidak membungkuk akan lebih baik, di sisi lain jjuga memberikan rasa nyaman pada diri anda, karena tekanan tubuh akan terbagi rata, sehingga sirkulasi darah akan berjalan lancer. Tekanan di tempat yang tidak seharusnya dan gangguan tekanan sirkulasi darah dapat menungkatkan resiko gangguan kulit. Untuk alasan ini uasahakan untuk terus mengontrol berat badan anda.

Bianatang peliharaan dan kulit anda

          Dalam kehidupan sehari-hari kita banyak melihat orang-orang yang sangat dekat dengan binatang peliharaannya. Misalnya mencium kucing atau anjing peliharaan mereka. Yang menjadi pertanyaannya yaitu “adakah pengaruhnya dengan diri kita, khususnya kulit kita?”
          Usahakan untuk menyikat kulit anjing atau kucing peliharaan anda. Hewan merupakan salah satu sumber penyakit kulit pada manusia. Jika kucing atau anjing peliharaan anda gemar membawa tikus mati, usahakan untuk tidak menyentuhnya dengan tangan telanjang. Karena hewan dapat menyebarkan kuman atau infeksi jamur. Bisa menimbulkan reaksi alergi, berupa kelainan kulit atau asma.
          Bila anda bekerja dilingkungan binatang yang berdebu, misalnya di peternakan yang berhubungan langsung dengan bulu atau debu, sebaiknya menggunakan tutup hidung atau masker, agar bulu atau debu tidak banyak terhisap oleh anda. Dnegan demikian anda akan terhindar dari bahaya lain yang ditimbulkan oleh bulu binatang.

No comments:

Post a Comment