jam

Friday 31 January 2014

cara merawat tangan dan kaki



Merawat tangan dan kaki

Tangan dan kaki juga memerlukan perawatan yang khusus, seperti halnya bagian tubuh yang lain. Khususnya kuku-kuku jari memerlukan perhatian yang khusus. Biasanya kita sering membentuk kuku. Jangan memebentuk kuku jari sebelum kuku tumbuh melewati ujung jari. Ini akan memberikan dasar yang kuat dan menurunkan resiko infeksi melalui ujung jari yang terpecah. Jangan mencat kuku terlalu sering, karena akan menimbulkan kerapuhan pada kuku.
          Tidak jarang kita sering menemukan bercak-bercak  atau garis berwarna keputih-putihan di dalam kuku. Garis ini bukan dikarenakan tubuh kita kekurangan zat kapur, tapi mungkin itu disebabkan oleh benturan-benturan ringan.
          Pada kuku jari kaki hendaknya di potong lurus, jangan terlalu pendek. Sebaiknya potonglah kuku dengan gunting khusus kuku, jangan menggunakan gunting biasa. Kita dianjurkan untuk tidak menggunting bagian sudut dari ibu jari kuku, karena nantinya kuku akan tumbuh masuk kedalam daging disekitarnya.
          Kaki harus dicuci bersih setiap hari. Keringkan kaki sehabis dicuci, terutama disela-sela jari, karena kaki yang lembab itu menjadi tempat infeksi bersarang. Untuk kaki yang sering berkeringat hendaaknya menggunakan sabun antiseptic untuk membunuh kuman. Kalau suka boleh menggunakan talk bayi pada sela-sela jari kaki. Usahakan untuk mengganti kaus kaki setiap hari dan mencuci kaus kaki dengan bersih. Sangat baik jika menggunakan kaus kaki yang berbahan katun, karena baik untuk menyerap keringat.
          Untuk kulit yang keras, hendaknya digososk secara teratur, sehingga terlepas. Kalau dibiarkan akan membentuk penebalan kulit atau yang biasa disebut kapalan. Batu apung merupakan cara tradisional untuk menggosok bagian kulit yang menebal ini. Sebaiknya gosoklah kaki setelah direndam beberapa menit dengan air hangat, sehingga kulit yang keras itu dapat terlepas dengan mudah.
          Untuk mencegah kerusakan pada kulit kaki, hendaklah memilih sepatu yang pas dan nyaman digunakan. Jangan menggunakan sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar. Sepatu yang terlalu kecil akan menyebabkan lecet pada kulit kaki. Sedangkan sepatu yang terlalu besar akan menyebabkan kaki kesana sini, sehingga kakai akan melepuh dan tergores. Usahakan untuk mencari sepatu yang empuk. Bagi kalian yang suka dengan model-model sepatu yang beragam bentuk, hendaknya gunakanlah sepatu itu pada waktu-waktu tertentu saja. Apalagi kalau sepatu itu sempit dibagian depannya, karena itu akan memudahkan terjadinya kapalan. Wanita yang sering mamakai stoking ataupun pria yang sering memakai kaus kaki, hendaklah menggantinya setiap hari. Hal ini sangat penting sekali untuk mencegah kerusakan kulit dan mencegah terjadinya eksim.
          Dan bagi para orangtua, berhati-hatilah dalam membelikan sepatu buat anak anda, terutama anak yang masih kecil. Tulang mereka masih sangat lentur, sehingga mudah terjadi perubahan akibat tekanan dari sepatu yang dikenakan oleh anak anda. Demikian pula dengan kaus kaki yang terlampau keras menekan kaki, ini akan menibulkan rasa tidak nyaman pada kaki anak. Ingatlah, kelalaian anda waktu anak anda masih kecil akan menimbulkan problem dan keluhan-keluhan seumur hidup anak ini.

No comments:

Post a Comment