jam

Thursday 30 January 2014

kesehatan




Membersihkan kulit

Kulit tubuh harus dibersihkan dengan dengan hati-hati. Hal ini harus dilakukan seumur hidup kita. Tapi terlalu sering membersihkan kulit juga tidak baik, karena akan menghilangkan sebum atau minyak kulit. Hal ini akan mengganggu keseimbangan asam basa, mengakibatkan kulit terlampau kering, dan menyebabkan iung ini disebut infeksi. Agar sehat kulit harus lebih bersifat asam, jadi tidak basa. Pelindung ini disebut keasaman. PH (factor asam basa) kulit dianggap asam bila nilainya dibawah 6-7. Untuk normalnya, kulit harus punya PH. Kira-kira 5,5-6. Dibawah 5,5 terlalu asam. Sementara bila diatas 7 maka kulit terlalau basa.
     Jauh lebih mudah menjaga hilangnya meinyak alami kulit/sebum, daripada harus memulihkannya kembali. So, berhati-hatilahterhadap musuh utama yang sering kkita jumpai sehari-hari, yaitu detergen yang basa dan terlalu lama berendam dalam air. Alangkah lebih baik jika kita melindungi diri kita dengan krem pelindung atau sarung tangan (plastic atau karet) ketika mencuci, mengerjakan pekarjaan rumah,dsb. Kalu harus mengerjakan sesuatu dengan tangan terus  menerus, gunakanlah krem tengan secara teratur sehabis mencuci untuk mencegah lecet-lecet atau kulit pecah-pecah. Kerusakan kulit ini akan memudahkan terjadinya infeksi.
     Bila mencuci pakaian, jangan terlalu banyak menggilas dengan tangan. Gesekan antara kulit, air dan sabun dapat menimbulkan kerusakan kulit. Pijatlah tangan dan sering-sering merendamnya di dalam air hangat-hangat kuku. Bila sehabis mencuci pakaian, atau sehabis mengepel, usahakan untuk mencuci bersih tangan, sehingga bekas detergen atau desinfektan untuk lantai dapat terbuang dari kulit.
     Jika air ditempat anda cukup tinggi nilai kesadahannya(banyak mengandung mineral), mnadilah dengan minyak untuk mandi. Gosok tempat-tempat dimana kulit kering sekali. Bersihkan sabun mandi di tubuh anda sebersih mungkin, karena kalau tidak akan menimbulkan bekas bercak bersisik kering. Buka cincin sebelum mencuci tangan, sehungga tiak meninggalkan sabun diantara kulit dan cincin. Kemudian keringkan tangan segerabegitu juga ketika sehabis mencuci kaki, keringkan kaki dan sela-sela jari kaki. Sela-sela jari yang basah dan hangat akan memudahkan tumbuhnya jamur yang menimbulkan rasa gatal.
     Hampirsemua sabun terbuat dari soda,miyak kelapa atau gliserin, serta mengandung zat warna dan parfum.
     Anjuran kami:
Cobalah cari sabun yang cocok untuk kulit anda. Biasanya zat tambahan dapat menimbulkan problem pada kulit yang peka. Jika demikian, gantilah dengan sabun yang tidak mengandung parfum.
     Bila anda tidak mau menggunakan sabun untuk mandi dapat menggunakan salep emulsi. Gosokkan emulsi ini keseluruh tubuh. Biarkan beberapa menit, baru dibersihkan sampai sebersih-bersihnya. Dapat juga menggunakan sabun bayi –yang cocok untuk bayi- pasti cocok pula untuk anda.
     Bila anda tidak mau memncuci muka menggunakan sabun, anda bisa menggunakan obat pencuci muka yang bias dibeli di took-toko. Pilihlah sabun  yang dibuat khusus untuk muka atau pilihlah obat yang dibuat khusus untuk kulit yang sering mengalami gangguan. Memasker muka secara teratur dapat membantu tonus (tegangan cairan) kulit, tetapi untuk yang memiliki kulit kering gunakanlah masker yang tipe gel.
     Jika setiap hari anda menggunakan make up, jangan lupa menghapus bersih make uo sebelum tidur. Cucilah muka anda sebersih mungkin pada malam hari sebelum tidur.
     Hal yang sama yaitu pemijatan (jangan berlebihan), baik sekali dilakukan sewaktu mencuci rambut anda. Kualitas pencucian rambut lebih penting dibnadingkan dengan frekuensinya. Usahakan untuk untuk tidak mencuci rambut lebih dari dua kali dalam seminggu, betapapun kotornya. Kalau anda terlalu sering mencuci rambut, akan menyebabkan rambut anda kering dan bercabang, karena minyak alami rambut akan ikut hanyut ketika rambut dicuci. Begitu juga dengan penggunaan shampoo. Carilah shampoo yang lunak. Sebaiknya usahakan untuk menshampo rambut hanya cukup satu kali saja. Banyak orang yang tidak peduli dengan jenis rambut apa yang dimilikinya, ternyata menemukan rambutnya akan semakin bagus jika menggnakan shampoo yang lebih lunak. Bahkan kalu perlu gunakanlah shampoo untuk bayi.
     Cuci dan gosoklah rambut anda dengan lembut. Jangan menggaruk-garuk secara berlebihan. Pijat-pijatlah kulit kepala dengan waktu yang cukup lama. Ini penting sekali, jika rambut anda pernah disemir, memijat kepala akan membantu distribusi sebum, sehingga rambut tidak kering, lembut dam mudah diatur. Memakaki kondisioner juga akan sangat membantu, meskipun kerjanya hanya diuar rambut.
     Jangan terlalu sering mengeringkan rambut dengan hairdryer atau mengecat rambut. Pakailah roll rambut yang halus, dan tidak memakai roll yang berduri-duri. Karena akan menyebabkan rambut patah dan tercabut akar-akarnya. Rontoknya rambut karena roll jangan disamakan dengan rontok akibat sebab-sebab lain, karena rontok akibat roll dapat tumbuh kembali seperti semula.
     Jangan menyisir rambut dengan sisir logam dan pilihlah sisir yang ujungnya bulat. Pilihlah sikat rambut yang terbuat dari bulu binatang, karena lebih sedikit menimbulkan kerusakan rambut jika dibandingkan dengan sikat yang terbuat dari nylon atau plastic. Cucilah sikat dan sisir secara teratur. Usahakan untuk tidak meminjamkan sisir kepada orang lain.
     Cucilah rambut dengan air bersih sehabis berenang, agar sisa-sisa zat kimia dalam air kolam renang atau air laut terbilas bersih.

Sekian info tentang merawat kulit, semoga bermanfaat.
Lihat artikel selanjutnya tentang  “merawat tangan dan kaki” :) 

No comments:

Post a Comment